Evaluasi Penyerapan Realisasi Anggaran APBD Perubahan

Dalam rangka meningkatkan Realisasi anggaran, Tim Evaluasi pengawasan realisasi anggaran (TEPRA), menilai bahwa SKPD masih lambat atau masih kurang paham dalam mengisi format kendali apbd perubahan dan masih banyak SKPD yang menggantikan penghubung tepra dan adanya pembentukan SKPD tambahan/ baru selain itu juga pada APBD perubahan terdapat banyak SKPD yang melakukan rasionalisasi anggaran hingga perlu adanya evaluasi pengisian format kendali kegiatan APBD Perubahan Provinsi.

 

Berdasarkan Arahan oleh Drs. A. M. Tuasikal, M.Si (Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Maluku) pada Kegiatan Evaluasi Penyerapan Realisasi Anggaran APBD Perubahan serta Pengisian Pengisian Format Kendali Kegiatan APBD Perubahan yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Nopember di Lantai VII kantor Gubernur Maluku menyampaikan kembali bahwa dalam pengisian Format pada awalnya format kendali ini susah dilaksanakan dan harus teliti, sabar dan tekun ini adalah kunci dalam pengisian Format kendali Kegiatan APBD Perubahan Provinsi ini karena dengan adanya APBD Perubahan sehingga kita karus menginput dari awal kembali laporan Tepra ini yang mulai dari Pengisian Format A dan A1 Kita bisa mendekteksi sejak dini berapa jumlah paket pengadaan kita yang dari Penunjukkan Langsung sampai dengan Lelang Umum dan juga sampai dengan aktivitas paket – paket tersebut.

Format Kendali Tepra merupakan Alat Pengendali Percepatan dan Pengendalian anggaran membutuhkan alat bantu utama penerjemah dokumen anggaran, dari semula berbasis kinerja menjadi format yang menjabarkan kegiatan berdasarkan jenis pengadaan dan pelaksanaan. Kami menyebut format itu sebagai “ Format A dan A1”. Format ini yang menjadi dasar bagi pengendalian hulu-hilir. Yang terpantau adalah

 

  • Aktivitas Pengadaan
  • Aktivitas KPA/ PPK
  • kegiatan Strategis
  • Realisasi Keuangan dan Fisik bulanan organisasi

Pedokumentasian kegiatan yang kemudian menjadi “ Buku Rekam Jejak”

Kunci sukses dalam penyerapan dan pengendalian anggaran adalah;

(1) Pimpinan harus punya komitmen kuat;

(2) Staf harus bekerja dengan sungguh - sungguh→dalam memantau proses harus sabar, tekun, komunikatif;

(3) Tertib Pengisian Format.

Kontak Kami

Jl Raya Pattimura No 1 Kantor Gubernur Provinsi Maluku LT 2

  No Tlp 0911-353573